Tahun Ini, Jumlah TPS Pilkada OKU Timur Berkurang 54 Persen

Tahun Ini,  Jumlah TPS Pilkada OKU Timur Berkurang 54 Persen

Komisioner KPU Kabupaten OKU Timur Divisi Perencanaan Data dan Informasi Yoga Hona Saputra. -Foto: Kholid/Sumeks.-

MARTAPURA, HARIANOKUS.COM - Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di OKU Timur akan berkurang sebanyak 54 persen dibandingkan jumlah TPS pada Pemilu 2024 lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur memperkirakan akan ada 1.002 TPS yang tersedia untuk Pilkada 2024. Pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari lalu, terdapat 2.180 TPS.

Yoga Hona Saputra, Komisioner KPU Kabupaten OKU Timur Divisi Perencanaan Data dan Informasi, menjelaskan bahwa pengurangan jumlah TPS pada Pilkada 2024 disebabkan oleh perubahan batas maksimal jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per TPS.

"Pada Pemilu 2024, setiap TPS menampung maksimal 300 DPT. Sementara itu, pada Pilkada 2024, jumlah tersebut dinaikkan menjadi maksimal 600 DPT per TPS. Pengurangan jumlah TPS ini sesuai dengan edaran KPU RI tentang pilkada," ujarnya.

BACA JUGA: Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres OKU Selatan Berlangsung Khidmat

BACA JUGA:Perangi Stunting, Pemdes BAJ Gelar Penyuluhan Bersama

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sedang melakukan pemetaan TPS berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

"Dalam pelaksanaan pilkada nanti, hanya ada dua surat suara dan dua kotak suara yang digunakan, yaitu untuk pemilihan bupati-wakil bupati (pilbup) dan pemilihan gubernur-wakil gubernur (pilgub)," katanya.

Menurutnya, beban petugas di TPS tidak akan seberat saat pemilu.

"Walaupun jumlah pemilihnya lebih banyak, namun surat suara dan kotak suaranya hanya dua. Sedangkan pada pemilu kemarin, terdapat lima surat suara dan kotak suara," pungkas Yoga. (seg)

Sumber: