Pesona Keunikan Tana Toraja, Ritual, Kuburan, dan Alam yang Memesona!

Pesona Keunikan Tana Toraja, Ritual, Kuburan, dan Alam yang Memesona!

Pesona keunikan Tana Toraja Ritual Kuburan dan Alam yang Mempesona-Poto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Menyerap ragam budaya dan keindahan alam menjadi pengalaman menarik bagi setiap wisatawan, termasuk Tana Toraja, sebuah kabupaten yang terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan. 

Keunikan, keindahan, serta keeksotisan Tana Toraja telah merambah pasar global dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Tana Toraja, yang terletak sekitar 300 km dari Makassar ini menyimpan keunikan adat dan budaya yang hidup dan masih terjaga hingga kini. 

BACA JUGA:Mau Tampil Cantik Terawat, Begini Cara Merawat Kulit agar Selalu Sehat

BACA JUGA:Tiga Variasi Jus Timun Untuk Mendukung Program Dietmu

Salah satu tradisi adat yang terkenal dan menjadi ciri khas Tana Toraja adalah, ritual adat kematian dan penghormatan terhadap leluhur atau yang disebut dengan Rambu Solo. 

Upacara ini, bersifat kompleks dan melibatkan banyak orang, mencakup ritual adat dan kepercayaan lokal.

Tidak hanya itu, Tana Toraja juga terkenal dengan pemakaman yang menarik perhatian dengan adanya kuburan dinding serta kuburan gantung yang dimitoskan berasal dari abad ke-8. 

BACA JUGA:Harus Tahu Bun, Berapa Lama waktu Tidur yang Baik Sesuai Usia ? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Musim Hujan, Pemda OKUS Minta Warga Waspada Bencana

Goagoa yang dijadikan sebagai, tempat pemakaman juga memiliki keindahan tersendiri denga stalaktit dan stalagmit yang sudah berusia ribuan tahun.

Ketertarikan wisatawan tak melulu karena kebudayaan dan ritual adat Tana Toraja, bukit-bukit karst yang membentang juga menambah keindahan alam yang luar biasa. 

Bukit-bukit yang terjal dan indah menjadi favorit bagi para penggemar trekking. Di sana, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang sungguh memukau.

BACA JUGA:KPU OKU Selatan Terima Tambahan Logistik Pemilu dari PT. Macanajaya Cemerlang

Sumber: