Biji Salak Pandan, Alternatif Kuliner Tradisional Unik dengan Rasa yang Menggoda!

Biji Salak Pandan, Alternatif Kuliner Tradisional Unik dengan Rasa yang Menggoda!

Biji salak pandan merupakan salah satu jenis jajanan cemilan khas Indonesia-Poto: Hendri/HOS-

HARIANOKUS.COM - Pecinta kuliner Indonesia, khususnya para pembuat kue tradisional pasti sudah tak asing lagi dengan olahan kue yang satu ini, yaitu Biji Salak Pandan

Biji Salak Pandan merupakan, salah satu jenis jajanan pasar atau cemilan khas Indonesia yang mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko kue. 

Di zaman yang serba modern ini, kue tradisional masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para ibu rumah tangga yang senang mencoba dan mempraktekkan resep baru di dapur mereka.

Resep Biji Salak Pandan yang saat ini, sedang ramai dibicarakan dan menjadi trending topic di media sosial adalah resep kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Bank Mantap Baturaja Gelar Audiensi dengan Pemerintah Daerah OKU Selatan

Resep ini, memiliki keunikan pada rasa dan aroma pandan yang terasa sangat kuat pada biji salak yang kenyal dan lembut. 

Nggak hanya itu, kue tradisional ini juga mempunyai bentuk yang unik, seperti bola-bola yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti ubi jalar, tepung tapioka, dan endapan pandan kental.

Proses pembuatan biji salak ini sangat mudah, hanya dengan menghaluskan ubi jalar yang sudah dikukus, kemudian dicampur dengan endapan pandan kental hingga tercampur rata lalu tambahkan tepung tapioka dan sedikit garam hingga tercampur rata dan bisa dibentuk bulat. 

Kemudian bola-bola biji salak tadi, direbus bersama air dan daun pandan hingga mengapung dan matang, lalu disajikan dengan air gula yang manis dan kental. 

BACA JUGA:Dana Desa Tahap I Tahun 2024 Diprediksi Cair Awal Februari di OKU Selatan

Tak lupa, daun pandan pun ditambahkan untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih nikmat.

Bukan hanya Biji Salak Pandan, dalam resep ini terdapat juga candil yang terbuat dari ubi dan tepung tapioka, yang dicampur dengan gula aren dan dihidangkan dengan air gula yang kental dan lezat. 

Resep biji salak pandan ini, cukup mudah untuk dibuat di rumah dan dapat menjadi alternatif kue sederhana namun memiliki cita rasa yang unik dan lezat. 

Temukan resep lengkapnya di akun Instagram @linagui.kitchen dan jangan lupa mencobanya di rumah ya! (*) 

Sumber: