Menyajikan MPASI Sehat untuk Pertumbuhan Optimal Si Kecil

Menyajikan MPASI Sehat untuk Pertumbuhan Optimal Si Kecil

MPASI Anak -desti-

HARIANOKUS.COM - Dalam upaya mendukung tumbuh kembang optimal bayi, para orang tua dituntut untuk memberikan nutrisi yang tepat, terutama melalui Makanan Pendamping ASI (MPASI).

okuselatan.disway.id/listtag/195940/mpasi">MPASI menjadi pilihan yang tepat ketika okuselatan.disway.id/listtag/2199/bayi">bayi mencapai usia 6 bulan ke atas, karena pada masa tersebut ASI saja tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan okuselatan.disway.id/listtag/304/nutrisi">nutrisi okuselatan.disway.id/listtag/2199/bayi">bayi.

Kebutuhan nutrisi yang optimal pada bayi dapat diwujudkan melalui penerapan MPASI yang tepat waktu, aman, adekuat, dan terjadwal.

MPASI harus diperkenalkan secara bertahap sesuai dengan usia bayi, dimulai dari makanan bertekstur lunak hingga makanan dengan tekstur kasar sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Melalui penggunaan menu MPASI yang lengkap, bayi akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

BACA JUGA:Di Muaraenim Pasien Diare Yang Terdiri dari Balita dan Anak Membludak

Menu MPASI yang tepat mencakup karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Di usia 6-8 bulan, bayi dapat diberikan makanan seperti bubur pisang campur apel dan pir, serta bubur sup daging kacang merah.

Sedangkan pada usia 9-11 bulan, menu MPASI yang cocok meliputi sop daging cincang dan nasi tim ikan tuna telur puyuh.

Sementara itu, saat bayi mencapai usia 12-23 bulan, pilihan makanan seperti nasi sup telur puyuh bola ayam menjadi alternatif yang baik.

Dengan memberikan MPASI yang sehat dan bergizi, orang tua dapat membantu memastikan bahwa si kecil tumbuh dan berkembang secara optimal, serta mengurangi risiko gangguan pertumbuhan seperti stunting. (dest)

Sumber: