Bolu Cupu, Kue Khas Kayuagung yang Jadi Favorit Pejabat

Bolu Cupu, Kue Khas Kayuagung yang Jadi Favorit Pejabat

balu cupu Khas Kayuagung-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Ning Mas Kalung telah mengembangkan usaha Bolu Cupu selama 25 tahun di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kue sederhana ini telah menjadi langganan tidak hanya bagi anak-anak dan orang tua, tetapi juga kalangan pejabat, mulai dari bupati hingga gubernur, sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke daerah tersebut.

Tri, keponakan Ning Mas Kalung, mengungkapkan bahwa Bolu Cupu biasanya dipanggang menggunakan kayu bakar dengan bahan utama terdiri dari telur ayam atau telur bebek, tepung terigu, dan gula pasir.

Setiap adonan memerlukan 1 kg telur dan 1 kg tepung terigu, yang kemudian dicampurkan dan dikocok hingga mengembang.

Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cetakan aluminium yang disebut "cupu" dan dipanggang dalam oven hingga matang.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Membuat Kolang- Kaling, dan Kandungan apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan Tubuh

Setelah setengah matang, Bolu Cupu ditaburi dengan gula pasir dan dipanggang selama sekitar 10 menit lagi.

Harga Bolu Cupu berkisar antara Rp60 ribu hingga Rp80 ribu per cup, tergantung dari penggunaan telur ayam atau telur bebek.

Rasanya yang lembut dan enak membuatnya diminati oleh banyak konsumen, dan dengan bahan yang sederhana, Bolu Cupu buatan Ning Mas Kalung dapat bertahan hingga 1 minggu.

Usaha rumahan Bolu Cupu ini tidak hanya mendapat pesanan dari masyarakat umum, tetapi juga dari keluarga pejabat baik di OKI maupun Sumatera Selatan.

Bolu Cupu buatannya juga masuk dalam binaan UMKM BSB.

BACA JUGA:Cara Membuat Ayam Bumbu Bali yang Enak

Ning Mas Kalung membuat 10 adonan setiap harinya, dan konsumen yang ingin membelinya dapat langsung datang ke rumahnya di Kelurahan Paku.

Meskipun saat ini harga sembako melonjak, ia tidak akan menaikkan harga atau mengurangi ukuran Bolu Cupunya demi menjaga kepercayaan konsumen.

Sumber: