KTM Memperkenalkan RC 8C, Motor Sport Terbatas yang Siap Menggebrak Trek Balap

KTM Memperkenalkan RC 8C, Motor Sport Terbatas yang Siap Menggebrak Trek Balap

Poster KTM Memperkenalkan RC 8C, Motor Sport Terbatas yang Siap Menggebrak Trek Balap-Foto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Tentu saja! KTM RC 8C adalah motor sport khusus yang dirancang khusus untuk trek balap.

Desain motor RC 8C ini, masih mengadopsi model RC16 tim Red Bull KTM Factory Racing yang digunakan oleh Brad Binder dan Jack Miller.

RC 8C menawarkan paket motor yang bahkan tidak perlu di-upgrade untuk pemakaian di sirkuit, mulai dari spesifikasi mesin, pengereman, hingga suspensi.

Secara tampilan, model ram air, sepasang winglets pada fairing depan, dan air scoop pada bagian kolong ban belakang menjadi ciri khas dari KTM RC 8C.

BACA JUGA:Sepakat!Pemkab OKU Selatan dengan PT. PLN (Persero) UID S2JB Jalin Mitra

Bodywork karbon kevlar, dipasang pada sasis khusus tubular chromoly 25CerMo4 yang dirancang khusus. Seperti yang kita ketahui, sasis memegang peranan penting dalam mendukung performa motor tersebut di atas trek balap.

Spesifikasi mesin RC 8C juga, menjadi daya tarik utama yang dimilikinya. Mesin paralel-twin berkapasitas 889 cc ini berasal dari KTM 890 Duke R.

Untuk RC 8C, mesin ini telah disempurnakan dengan knalpot Akrapovic supaya mampu menghasilkan output tenaga sebesar 133,2 hp.

Tenaga tersebut menghasilkan rasio berat, dan tenaga 1 berbanding 1, yaitu untuk bobot kosong 142 kg.

BACA JUGA:Manfaatkan Momentum Ramadhan, SMPN-02 Buay Pemaca Ajak Siswa Mengaji di Halaman Sekolah

RC 8C juga dilengkapi dengan 8 klep berbahan titanium, serta connecting rod yang juga dari titanium, dikawal throttle body berdiameter 48mm sekaligus berbagai tunning pada internal silindernya, mesin ini dijamin tetap aman berkitir hingga rev-limit di angka 12.000 RPM.

Bagian suspensi juga tidak kalah menarik. RC 8C memakai front fork spesifikasi 43 mm dari WP APEX PRO 7543,dan shock belakang WP APEX PRO 7746 yang sudah full adjustable sesuai kebutuhan dan gaya berkendara ridernya.

Selain itu, bagian remnya juga dilengkapi dengan Brembo. Brembo Stylema dipasangkan untuk sepasang kaliper rem depan, dan kaliper belakang dua piston.

Cakram depan ganda berdiameter 290 mm, sedangkan cakram belakang tunggal berdiameter 230 mm yang ketiganya sudah full floating, berbahan aluminium dan memakai sekrup bahan titanium.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Memperluas Plaza Kuliner di Pantai Pelangi

Selain memiliki spesifikasi mesin dan suspensi yang mumpuni, KTM RC 8C juga menyediakan fitur untuk membuat pengalaman berkendara semakin nyaman bagi pengendara.

RC 8C, dilengkapi dengan dashboard AiM MXS dengan lebar 5 inci yang full color dengan pencatat data yang didukung oleh GPS.

RC 8C juga, memiliki stang clip-on yang dapat disesuaikan, switchgear bergaya GP, dan pelindung tuas rem agar siap digunakan di trek balap.

Untuk melakukan pre-order, pembeli dapat mengunjungi website resmi KTM dan melakukan pemesanan pada tanggal 20 Maret 2024,dan dijual dengan harga sekitar $41.499 atau sekitar Rp. 647.000.000.

BACA JUGA:Mendirikan Usaha Koperasi, Diskoperindag OKU Selatan Minta Pelaku Usaha Memenuhi Persyaratan

Namun, motor ini bukan motor yang legal untuk dipakai di jalan raya karena memang spesifikasinya hanya diperuntukkan untuk pemakaian di trek balap saja.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai KTM RC8C, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu dan para pencinta otomotif di seluruh dunia. (*)

Sumber: