Tips Makanan untuk Menahan Lapar Hingga Sore Selama Berpuasa

Tips Makanan untuk Menahan Lapar Hingga Sore Selama Berpuasa

Kacang Merah salah satu makanan penahan lapar-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Selama menjalani puasa, rasa lapar bisa menjadi tantangan, terutama saat beraktivitas. Namun, merasa lapar adalah hal yang wajar ketika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengatasi rasa lapar saat puasa, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat baik saat sahur maupun berbuka.

Makanan tinggi serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan melambatkan pengosongan lambung.

Berikut beberapa makanan tinggi serat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa:

BACA JUGA:Makanan Jepang yang Buming di Indonesia, Mudah Cara Buatnya!

1. Alpukat: Buah yang kaya serat ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi alpukat secara langsung atau dalam bentuk jus saat sahur dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

2. Wortel: Selain menjadi bahan jus yang baik, wortel juga mengandung serat dan air yang dapat melancarkan saluran cerna dan mencegah sembelit selama puasa.

3. Brokoli Hijau: Sayuran ini kaya akan serat dan dapat membantu menimbulkan rasa kenyang lebih lama serta melancarkan pencernaan.

4. Ubi Cilembu: Mengandung tinggi serat, ubi cilembu juga bermanfaat untuk menjaga kenyang dan melancarkan pencernaan.

BACA JUGA:Nikmati Kenyang Tanpa Khawatir Gemuk dengan 5 Pilihan Makanan Tinggi Karbohidrat Rendah Gula

5. Kacang Merah: Jenis kacang-kacangan ini merupakan sumber serat yang baik dan dapat mengurangi rasa lapar serta risiko sembelit.

6. Oat: Mengandung serat dan protein, oat dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari sembelit selama puasa.

7. Kacang Polong: Kacang polong merupakan sumber serat, protein, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Gandum: Makanan ini kaya akan serat jika dikonsumsi dalam bentuk biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, pasta gandum utuh, dan oatmeal.

Sumber: