Tahukah Kamu!! Huruf dan Jenis Apa Pada Rambu Petunjuk Jurusan yang Sering Kita Jumpai?

 Tahukah Kamu!!  Huruf dan Jenis Apa Pada Rambu Petunjuk Jurusan yang Sering Kita Jumpai?

--

HARIANOKUS.COM- Seringkali ketika  melintasi ruas jalan, kita akan menjumpai rambu atau petunjuk arah jalan dan nama daerah yang akan dituju. Pemandangan seperti ini akan banyak kita temui  terutama di ruas –ruas jalan tol.

 

BACA JUGA:Dianggap Tak Sesuai MoU, Warga Tuntut dan Pertanyakan Kejelasan Bagi Hasil 30 Persen dari PT Keyza

Sebenarnya, soal petunjuk arah itu bukanlah sesuatu yang baru, karena memang rambu penunjuk arah itu sudah ada sejak lama. Bahkan keberadaannya bukan saja ada di jalan tol, di ruas jalan jalan arteri nasional dan jalan daerah pun masih bisa dijumpai.

Rambu penunjuk arah itu di tulis di atas plat ada yang berwarna hijau ada pula yang platnya berwarna biru dengan huruf tulisan berwarna putih. Tulisan hurufnya ada yang  ditulis dengan huruf kapital ada pula yang ditulis dalam huruf kecil atau dengan tulisan gaya miring.

BACA JUGA:Selain Jalan Tol ini Proyek Strategis Nasional di Sumatera Selatan, Ada Bendungan Tiga Dihaji

Biasanya rambu penunjuk arah itu dipasang di pinggir jalan atau diatas jalan dengan menggunakan tiang atau plat penyanggah. Kebanyakan dari rambu penunjuk arah itu terpasang sekitar atau 100-200 meter sebelum ada persimpangan dan lainnya.

Pertanyaannya apa yang belum kita ketahui dengan rambu petunjuk jurusan itu, nih pasti banyak yang belum memahaminya. Selain fungsinya sangat penting sebagai informasi  arah tujuan bagi pengendara juga dari sisi huruf yang digunakan banyak yang belum mengetahuinya.

BACA JUGA:Yuk Lihat! 6 Tol di Sumatera Selatan Penghubung Provinsi

Lalu yang pernah memperhatikan rambu petunjuk jurusan di jalan pernah penasaran nggak, apa jenis huruf yang digunakan dan kenapa jenis huruf itu digunakan pada rambu tersebut? Nah, biar nggak penasaran lagi, simak penjelasannya.

Dilansir dari media sosial facebook kementerian PUPR,  bahwa huruf yang digunakan pada rambu penunjuk arah itu mengacu pada Peraturan menteri perhubungan (Permenhub)  No:13/1014 tentang rambu lalu lintas.

Jenis huruf (font) yang digunakan pada rambu petunjuk jurusan  yaitu Clearview atau sering juga disebut Clearview Highway.

BACA JUGA:Wow!! 5 Proyek Jalan Tol di Indonesia yang Dibangun Tidak Biasa, Menembus Perut Gunung dan Bawah Laut

Kenapa jenis huruf tersebut, menurut penjelasan dari permenhub tersebut, sebagai keluaran dari  font san-serif, font atau huruf tersebut memiliki karakter yang tegas, solid  dan konsisten. Font itu juga memiliki kesan minimalis, modern, bersahabat dan fleksibel.

Clearview highway awalnya dikembankan oleh penliti independen dengan bantuan Texas Transportation Institute  dan Pennsylvania Transportation Institute dibawah Federal Highway Administration (FHWA).

BACA JUGA:Heboh, Terowongan Tol Tembus Bukit Barisan Dari Lampung Hingga Aceh

Jenis font itu digunakan sebagai rambu petunjuk jurusan di sejumlah negara  antara lain, Amerika Serikat, Kanada, Filipina, Brasil dan Srilanka.

Di Indonesia sendiri fon ini mulai digunakan pada rambu petunjuk jurusan pada tahun 2015 silam menggantikan Font Highway Gothic yang digunakan sebelumnya.

Itulah penjelasan secara rinci terkait huruf atau font yang digunakan pada rambu petunjuk jurusan di sejumlah ruas jalan. (**)

Sumber: