Cara Mudah, Membuat Hidangan Penutup Singkong Thailand yang Menggugah Selera

Cara Mudah, Membuat Hidangan Penutup Singkong Thailand yang Menggugah Selera

Singkong Thailand menjadi salah satu sajian penutup yang lezat dan gurih-Poto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Anda pasti sudah sering mendengar makanan khas Thailand seperti Som Tam atau Tom Yum Goong, namun tahukah Anda tentang Singkong Thailand

Ya, inilah hidangan penutup unik dan menggugah selera yang terbuat dari singkong yang dimasak hingga empuk, kemudian kupas singkong dan dipotong sajian yang korek, lalu rebus dengan sedikit air yang tidak terlalu banyak hingga setengah empuk

Kemudian, tambahkan daun pandan dan biarkan singkong terus direbus hingga menjadi empuk. Saat sudah empuk, masukkan gula pasir dan aduk kaldu singkong hingga merata dan mengental. 

BACA JUGA:Siap-Siap Nih ! Andika Kangen Band Akan Hibur Panggung OKU Selatan, Ini Jadwal Dan Lokasinya

BACA JUGA:Suku Tengger, Kekayaan Adat dan Budaya Indonesia

Tunggu hingga gula larut sempurna dan kuahnya meresap ke dalam singkong. Setelah singkong siap, saatnya membuat vla santan. Agar lebih nikmat, disarankan memilih santan instan menghasilkan vla ayu yang creamy dan lembut. 

Campurkan santan instan dengan air dan tambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa. Aduk rata kemudian panaskan di atas api kecil sampai mendidih. Setelah itu, masukkan larutan maizena yang telah dicampur dengan air dan aduk kembali hingga mengental. 

Nikmati hidangan Singkong Thailand dengan sajian di atas piring dan siram dengan santan yang sudah jadi, jangan lupa untuk ditaburi dengan wijen sebagai pelengkap. 

BACA JUGA:Petani di OKU Selatan Resah, Buah Pisang Sering Digondol Maling

BACA JUGA:Wakil Bupati Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Karaoke

Hidangan ini cocok disajikan saat waktu santai atau untuk menemani berkumpul bersama keluarga dan teman. Singkong Thailand menjadi salah satu sajian penutup yang lezat dan gurih, akan memberi pengalaman kuliner yang unik yang tak terlupakan.

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat sendiri hidangan ini di rumah, berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan, 1 kg singkong, 100g gula pasir, 1 lembar daun pandan, air secukupnya, 1 sachet santan instan 65ml, 200ml air, 1/4 sdt garam, 1 sdm maizena dicampur sedikit air, dan wijen untuk taburan

Itulah tips cara buat tentang singkong Thailand selamat mencoba!

Sumber: