Musim Hujan, Waspada Serangan Flu Loh

Musim Hujan, Waspada Serangan Flu Loh

Sakit Flu salah satu penyakit yang sering terjadi musim penghujan.-FOTO: DOK HOS-

HARIANOKUS.COM - Cuaca yang tidak menentu selama musim hujan dapat memengaruhi kesehatan seseorang, membuat mereka lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Salah satu penyakit umum yang sering muncul pada musim hujan adalah flu.

Flu merupakan penyakit yang dapat menyebar melalui udara, khususnya pada individu yang memiliki riwayat rinitis alergi atau alergi terhadap cuaca dingin.

Musim hujan cenderung memicu infeksi yang ditularkan oleh patogen kecil melalui udara, selain flu, beberapa penyakit lain seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan juga meningkat risikonya.

BACA JUGA:Carang Gendis, Camilan Sehat dengan Topping Cokelat dan Keju Parut!

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat mungkin tidak terlalu terpengaruh.

Namun, orang tua dan anak-anak lebih rentan karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah atau masih dalam tahap perkembangan.

Selama musim hujan, terjadi fluktuasi suhu udara yang ekstrem, dengan perubahan suhu dari panasnya matahari terik menjadi dingin saat hujan turun.

Fluktuasi suhu ini, bersamaan dengan tingginya curah hujan dan kelembapan udara, dapat meningkatkan penyebaran penyakit menular, termasuk infeksi virus flu.

BACA JUGA:Cara Mudah, Membuat Hidangan Penutup Singkong Thailand yang Menggugah Selera

Gejala flu biasanya muncul secara tiba-tiba, 1-2 hari setelah terpapar virus, dan mencakup demam tinggi, mengigil, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, mata berair dan panas, batuk, bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit perut, dan batuk yang berlangsung hingga 6 minggu.

Hidung tersumbat bukan hanya mengganggu aktivitas harian, namun juga dapat menyebabkan rasa pusing dan keinginan untuk tidur terus-menerus.

Jika flu disertai dengan hidung tersumbat, menggunakan nasal spray atau teknik mencuci hidung dapat membantu.

Namun, jika gejala tidak membaik, segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. (*)

Sumber: