Awas, Longsor Tebing Sungai di Baturaja Ancam Jalinsum

Awas, Longsor Tebing Sungai di Baturaja Ancam Jalinsum

-Foto: Dok HOS-

BATURAJA, HARIANOKUS.COM - Tanah yang berada di bantaran Sungai Ogan Desa Tubohan, Kecamatan Semidang Aji mengalami abrasi atau longsor. 

Diiketahui longsor terjadi pasca intensitas hujan turun tinggi pada Rabu malam (6/12). Sehingga menyebabkan debit air sungai meningkat. Ketinggian muka sungai tidak terlalu tinggi. Namun arus deras yang mengakibatkan tanah tersebut longsor menggerus ke arah pinggir jalan sekitar 1 meter. 

Kapolsek Semidang Aji Ipda Hartomi bersama SPKT regu II Polsek Semidang Aji pada Kamis (7/12) turun melakukan pemantauan titik longsor yang berada di Jalan Lintas Sumatra Desa Tubohan Kecamatan Semidang Aji. 

"Tanah longsor sudah mendekati jalan Lintas Sumatra Desa Tubohan sekitar  lebih kurang 30 cm," ujarnya. Kapolsek memerintahkan Ka SPKT Regu II Bripka Rengga untuk memasan garis police line di lokasi tersebut. 

BACA JUGA:BPBD OKU Selatan Tanggap Cepat Atasi Tanah Longsor Jalan Porpros Danau Ranau

Kontur tanah yang longsor tersebut berbatuan kerikil sehingga tidak dapat menahan arus air yang menerjang

Apabila tidak segera dilakukan pemasangan besi atau beronjong di lokasi tersebut besar kemungkinan longsor terus membesar. Hal ini bisa berdampak akan mengenai jalan Lintas Sumatra Baturaja - Muara Enim mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. 

BACA JUGA:Motor Yang Dikendarai Terjun Bebas ke Jalan Longsor, PPPK Guru Meninggal di Tempat

Polsek Semidang Aji segera memasang himbauan tanah longsor di lokasi tersebut guna mengantisipasi terjadinya laka lantas

Bhabin Kamtibmas Desa Tubohan juga akan berkoorinasi dengan Kepala Desa. Salah satu dengan berupaya bergotong royong memasang kayu penahan atau pemecah arus air sehingga mengurangi resiko terjadinya longsor susulan. (bis/seg)

Sumber: